Sabtu, 07 Agustus 2010

KLASIFIKASI SAHAM

Pada umumnya efek yang diperdagangkan di bursa diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok oleh para pelaku pasar. Saham ,misalnya diklasifikasikan berdasarkan nilai kapitalisasinya,yakni jumlah saham yang beredar dikalikan harga pasarnya.
1.Blue Chip

  Adalah sekelompok saham yang dinamakan blue chip atau sering juga disebut Alpha stocks.Saham ini umumnya diterbitkan oleh perusahaan besar dan jumlahnya sangat banyak.Karena jumlah saham yang beredar banyak,saham ini dimiliki oleh banyak investor. Banyaknya jumlah lembar saham dan pemegangnya membuat saham ini sangat mudah diperdagangkan(likuid). Likuiditas saham itu sendiri pada gilirannya menjadi daya tarik tersendiri bagi calon investor.Oleh sebab itu tidaklah mengherankan kalau kelompok saham ini mendominasi perdagangan dan kontribusinya terhadap total perdagangan sangat besar.

2. Second liner.

  Ada yang menamakan kelompok dibawah blue chip sebagai kelompok Second liners (saham barisan kedua)atau beta shares. Dari segi kapitalisasi dan frekuensi perdagangan, kelompok ini umumnya lebih kecil dibandingkan blue chip.Umumnya saham kelompok ini diterbitkan oleh perusahaan yang sedang berkembang dan mempunyai potensi pertumbuhan yang besar untuk menjadi saham blue chip,kinerja saham dan keuangan saham kelompok ini belum cukup teruji.

3. Third liners.

   Kelompok saham yang lebih kecil dan lebih jarang ditranksaksikan. Kelompok ini ada yang menamakan saham third liners atau gamma stock.

4. Saham tidur.

  Saham yang jarang ditranksaksikan.Kalaupun ada tranksaksi,sering kali dibuat oleh pihak yang berkepentingan di dalam perusahaan agar tetap bisa dicatatkan di bursa  efek tempat saham tersebut dicatatkan.


Sumber : Buku Menjadi Manajer Investasi Bagi Diri Sendiri, 
               Jaka e .cahyono. Gramedia pustaka utama 2000.

0 komentar:

Posting Komentar